Perempuan Sepanjang Masa

Squash dinner napkin dan mfold towel
60x30x40cm
 
Ika Yuni Purnama
2020

Perempuan berbalut gaun kertas yang dibentuk dari helai daun
 
Perempuan  memiliki kekuatan luar biasa yang tak pernah dipunyai lawan jenisnya dengan lebih baik. Yakni kekuatan cinta, empati dan kesetiaan. Dengan cintanya ia menguatkan langkah orang-orang yang bersamanya, empatinya membangkitkan mereka yang jatuh dan kesetiaannya tak lekang oleh waktu, tak lebur oleh perubahan. Perempuan adalah bagian penting dari alam seperti sehelai daun.
 
Sehelai daun adalah organ penting sebuah tumbuhan. Daun mampu memenuhi kebutuhan energi dirinya, menjadi dapur makanan bagi sebuah pohon tempatnya tertancap, dan mampu memberikan kesejukan bagi udara disekitarnya. Daun mampu melakukan semua itu secara kodrati.
 
Daun mampu bekerjasama. Sehelai daun bersama helaian-helaian daun lain saling mendukung untuk menjaga keberlanjutan proses alam. Semakin banyak daun tumbuh dan rimbun dalam satu pohon, semakin kuat akar mencengkeram tanah, semakin kokoh pohon berdiri dan semakin besar manfaat yang akan dirasakan oleh lingkungan.Sebagian banyak daun berwarna hijau, warna yang melambangkan keteduhan dan kesegaran. Daun tidak sekedar menjadikan hijaunya sebagai lambang, daun benar-benar mampu memberikan keteduhan dan kesejukan.
 
Sejatinya perempuan juga bagaikan sehelai kertas. Kertas yang memiliki warna putih bersih disaat dikembangkan saat itulah kertas menjadi sebuah perubahan menjadi kertas yang memiliki arti dan membuatnya berharga.Kertas dapat rusak oleh lingkungan sekitarnya ibarat kesulitan yang menghampiri kehidupan kita.”Kesulitan itu ibarat seorang bayi,hanya bisa berkembang dengan cara merawatnya”. Dengan kata lain jika kesulitan di biarkan kita tidak akan bisa mengatasinya, sebaliknya jika kita bisa melewatinya maka kertas akan lebih indah dari sebelumnya.

IKA YUNI PURNAMA, lahir pada bulan Juni di lingkungan seniman di Yogyakarta. Menempuh S-1 di Institut Seni Indonesia  (ISI) Yogyakarta, studi S-2 di  Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan  S-3 di Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sejak  tahun 2000 hingga saat ini menjadi staf pengajar Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan pada tahun 2005 hingga saat ini merupakan direktur dari PT. Optima Karya Disain yang bergerak dibidang konsultan kontraktor Interior dan Exsibisi. Dalam profesi desain telah diakui sebagai Ahli Desain Interior Utama. Aktif sebagai asesor bidang kompetensi interior dan exsibisi Dalam bidang penunjang pekerjaan interior merupakan core founder Green Building Council Indonesia (GBCI). Hingga saat ini aktif melukis dengan bergabung bersama Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI) dan berpameran lukisan  serta bekerja sebagai desainer interior dan eksibisi. Lebih dari 70 proyek interior dan eksibisi telah dikerjakan baik di dalam maupun di luar negeri. Dan beberapa buku seni dan interior telah dipublikasi Sejak 2002. Tahun 2018 hingga saat ini  bergabung dalam perusahaan produk keramik Leinnka sebagai desainer produk. Semenjak tahun 2012 hingga saat ini sering diminta sebagai pembicara serta narasumber perihal  museum , desain interior dan  eksibisi.

Experience in Art exhibition :

 

1997 – 2000
Pameran Lukisan bersama IWPI di Jakarta

 

2001 – 2004
Pameran ” Peduli IKJ ”Galeri Cipta II TIM, tahun 2001
Pameran Lukisan dan Bedah buku Jejak-jejak Kirjomuljo di Bentara Budaya Yogyakarta(2003)
Pameran ” Bukti Diri”Galeri Cipta III TIM Jakarta, 2003
Pameran ” Pelangi Jakarta” Lobby Mall Kelapa Gading Jakarta Utara, 2004

 

2005- 2008
Pameran Lukisan Bersama IWPI di Jakarta

 

2009-2015
Pameran Lukisan bersama IWPI di Jakarta dan Kuala Lumpur (2009)
Pameran lukisan Bersama IWPI di Sahid Jakarta(2010)
Pameran Lukisan Bersama IWPI di Sahid Jakarta (2011)
Pameran Lukisan  Bersama IWPI di Sahid Jakarta (2012)
Pameran Lukisan Bersama IWPI di Plaza Casablanca Jakarta (2013)
Pameran  Lukisan  bersama IWPI di Jakarta, Bandung, Kuala Lumpur (3013)
Pameran Lukisan  Bersama IWPI di Blok M Plaza Jakarta (2014)
Pameran IKJ “EXPLORING TRADITION”At HANBYEOKWON ART GALERYSeoul Korea(2015)

 

2016-2019
Pameran bersama Sketsa dan Biografi Tedja Suminar di Surabaya (2016)
Pameran Lukisan bertiga “Time Lovers” di Galery Nasional Indonesia Jakarta.(2017)
Pameran Lukisan Bersama IWPI di Jakarta (2018)
Pameran bersama  IWPI di Balai Budaya Jakarta (2019)